KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Seluruh
Bidang Keahlian
Program
Keahlian : Seluruh
program keahlian
Kompetensi Keahlian :
Seluruh kompetensi keahlian (3 dan 4 Tahun)
Mata
Pelajaran :
Matematika (Umum)
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi
sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung,
dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter
peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kajian matematika pada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian matematika
Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah
|
4.1 Menyajikan penyelesaian
masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
|
20
|
3.2
Menerapkan persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
|
4.2. Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai
mutlak bentuk linear satu variabel
|
12
|
3.3
Menentukan nilai variabel
pada sistem persamaan linear dua
variabel dalam masalah kontekstual
|
4.3. Menyelesaikan masalah
sistem persamaan linier dua variabel
|
|
3.4
Menentukan nilai maksimum dan minimum
permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
|
4.4 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
|
16
|
3.5
Menganalisis barisan dan deret aritmetika
|
4.5 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
|
8
|
3.6
Menganalisis barisan dan deret geometri
|
4.6 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri
|
12
|
3.7
Menganalisis pertumbuhan, peluruhan, bunga dan
anuitas
|
4.7 Menyelesaiakan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
|
12
|
3.8
Menentukan perbandingan trigonometri pada
segitiga siku-siku
|
4.8 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan perbandingan
trigonometri pada segitiga siku-siku
|
8
|
3.9
Menentukan nilai sudut berelasi diberbagai
kuadran
|
4.9
Menyelesaikan masalah nilai sudut berelasi
diberbagai kuadran
|
4
|
3.10
Menentukan koordinat kartesius menjadi koordinat
kutub dan sebaliknya
|
4.10
Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius
menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
|
4
|
3.11
Menerapkan nilai perbandingan trigonometri pada
grafik fungsi trigonometri
|
4.11
Menyajikan grafik fungsi trigonometri
|
8
|
3.12
Menerapkan aturan sinus dan kosinus
|
4.12
Menyelesaikan permasalah kontekstual dengan aturan
sinus dan kosinus
|
8
|
3.13
Menentukan luas segitiga pada trigonometri
|
4.13
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan luas segitiga pada trigonometri
|
4
|
3.14
Menganalisis nilai sudut dengan rumus jumlah dan
selisih dua sudut
|
4.14
Menyelesaikan nilai nilai sudut dengan rumus
jumlah dan selisih dua sudut
|
12
|
3.15
Menerapkan operasi matriks dalam menyelesaiakan
masalah yang berkaitan dengan matriks
|
4.15 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan matriks
|
10
|
3.16
Menetukan nilai determinan, invers dan tranpos
pada ordo 2 x 2 dan nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
|
4.16 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan determinan, invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta nilai determinan dan tranpos pada ordo 3
x 3
|
10
|
3.17
Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi dua
|
4.17 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi dua
|
12
|
3.18
Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi
tiga
|
4.18 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai besaran
vektor pada dimensi tiga
|
12
|
3.19
Menentukan nilai variabel
pada persamaan dan fungsi kuadrat
|
4.19
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
|
20
|
3.20
Menganalisis operasi komposisi dan operasi
invers pada fungsi
|
4.20
Menyelesaikan
masalah operasi komposisi
dan operasi invers pada fungsi
|
8
|
3.21
Menentukan
persamaan lingkaran
|
4.21
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan lingkaran
|
8
|
3.22
Menganalisis masalah
kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan
sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan majemuk, negasi
pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan)
|
4.22 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan
logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana,
pernyataan majemuk , negasi pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan )
|
16
|
3.23
Menganalisis titik, garis dan bidang pada geometri dimensi tiga
|
4.23 Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan jarak
antara titik ke titik, titik ke garis dan garis ke bidang pada geometri
dimensi tiga
|
16
|
3.24
Menetukan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan transformasi geometri
|
4.24 Menyelesaikan masalah
kontekstual kontekstual yang
berkaitan dengan transformasi geometri
|
16
|
3.25
Menganalisis kaidah
pencacahan, permutasi dan kombinasi pada masalah
kontekstual
|
4.25 Menyajikan penyelesaian
masalah kontekstual berkaitan dengan kaidah pencacahan,
permutasi dan kombinasi
|
12
|
3.26
Menentukan peluang kejadian
|
4.26
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan peluang kejadian
|
8
|
3.27
Mengevaluasi kajian statistika dalam masalah kontekstual
|
4.27
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan kajian statistika
|
12
|
3.28
Menganalisis ukuran
pemusatan data tunggal dan data kelompok
|
4.28
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
|
16
|
3.29
Menganalisis ukuran penyebaran data
tunggal dan data kelompok
|
4.29
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan ukuran penyebaran data tunggal dan data
kelompok
|
16
|
3.30
Menentukan
nilai limit fungsi
aljabar
|
4.30
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar
|
24
|
3.31
Menentukan turunan fungsi
aljabar menggunakan definisi limit fungsi atau sifat – sifat turunan fungsi
serta penerapannya
|
4.31
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
|
20
|
3.32
Menganalisis keberkaitan
turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang
kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
|
4.32
Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan turunan pertama fungsi aljabar
|
12
|
3.33
Menentukan
nilai integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
|
4.33
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan integral tak tentu dan tertentu fungsi
aljabar
|
12
|
3.34
Menentukan luas permukaan
dan volume benda putar dengan menggunakan integral tertentu
|
4.34
Menyelesaikan masalah luas
permukaan dan volume benda putar dengan menggunakan integral tertentu
|
16
|
Total jam
|
424
|
Malang, 28 Februari 2017
Fasilitator Penelaah
I
Nini Nelayani, M. Pd Ivon Yanuarini, S. Pd, M.T
Penelaah
II
Ir.
Hj. Andriyas Dekaruni D, M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar