KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Seluruh
Bidang Keahlian
Program
Keahlian : Seluruh Program Keahlian
Kompetensi Keahlian :
Seluruh Kompetensi Keahlian (3 Tahun)
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi
sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung,
dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter
peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kajian bahasa Indonesia pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian bahasa Indonesia.
Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
(JP)
|
3.1
Memahami
laporan hasil observasi berkaitan
dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan
dengan lisan dan tulis
|
4.1 Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan
maupun tulis
|
8
|
3.2
Menganalisis
isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.2 Mengonstruksikan teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan
baik lisan maupun tulis
|
8
|
3.3
Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks
eksposisi berkaitan dengan bidang
pekerjaan yang didengar dan atau dibaca
|
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis
|
8
|
3.4
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
|
8
|
3.5
Menganalisis teks anekdot dari aspek makna tersirat
|
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks
anekdot baik lisan maupun tulis
|
8
|
3.6
Mengevaluasi struktur dan kebahasaan teks anekdot
|
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan
memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis.
|
8
|
3.7
Mendeskripsikan nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat)
baik lisan maupun tulis
|
4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat)
yang didengar dan dibaca
|
8
|
3.8
Membandingkan
nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen
|
4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam
bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai
|
8
|
3.9
Menguraikan
butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
|
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan)
dan ringkasan dari satu novel yang dibaca
|
8
|
3.10
Menganalisis pengajuan, penawaran dan
persetujuan dalam teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan maupun tertulis
|
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan
dan penutup dalam teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan atau tulis
|
8
|
3.11
Mengevaluasi isi, struktur (orientasi,
pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.11 Mengonstruksikan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, struktur
(orientasi, pengajuan, penawaran,
persetujuan, penutup) dan
kebahasaan
|
8
|
3.12
Menganalisis permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan esensi dari debat
|
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak, dan
simpulan dari debat berkaitan dengan bidang
pekerjaan secara lisan untuk menunjukkan esensi dari
debat
|
8
|
3.13
Menganalisis isi debat berkaitan dengan bidang pekerjaan (permasalahan/isu, sudut pandang
dan argumen beberapa
pihak, dan simpulan )
|
4.13 Mengembangkan permasalahan/ isu dari berbagai
sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
8
|
3.14
Menganalisis butir-butir penting yang dapat diteladani dari teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.14 Menyajikan hal-hal yang
dapat diteladani dari tokoh yang
terdapat dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca secara tertulis
|
8
|
3.15
Menganalisis
aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.15 Membuat teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan baik lisan maupun tulis
|
8
|
3.16
Menganalisis suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan
atau dibaca
|
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau
memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi
dengan memerhatikan vokal, ekspresi,
dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
8
|
3.17
Menganalisis unsur pembangun puisi
|
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur
pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)
|
8
|
3.18
Menganalisis
isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
|
4.18 Menyajikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam
bentuk resensi
|
8
|
3.19
Menganalisis informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.19 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur berkaitan bidang pekerjaan dengan organisasi yang tepat secara lisan dan
tulis
|
6
|
3.20
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.20 Mengembangkan teks prosedur berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil analisis terhadap
isi, struktur, dan kebahasaan
|
6
|
3.21
Menganalisis informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan dan tulis
|
4.21 Mengkonstruksi
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan tulis
|
6
|
3.22
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks
eksplanasi berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.22 Memproduksi teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan atau tulis
dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
|
6
|
3.23
Menganalisis informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.23 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
6
|
3.24
Menganalisis
isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.24 Mengonstruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan
menggunakan struktur yang tepat
|
6
|
3.25
Mendeskripsikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
berkaitan dengan bidang
pekerjaan yang dibaca
|
4.25 Menyajikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
6
|
3.26
Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca
|
4.26 Menyajikan persamaan dan perbedaan isi dua buku pengayaan berkaitan
dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca
|
6
|
3.27
Menganalisis
pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
4.27 Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi
yang dibaca
|
6
|
3.28
Mendeskripsikan informasi
penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.28 Melengkapi informasi dalam proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan supaya
lebih efektif
|
6
|
3.29
Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.29 Merancang sebuah proposal karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan
esensi karya ilmiah yang diperlukan
|
6
|
3.30
Menganalisis informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
|
4.30 Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang
harus disajikan dalam karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
6
|
3.31
Menganalisis
sistematika dan kebahasaan karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.31 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan
kebahasaan
|
6
|
3.32
Membandingkan
isi berbagai resensi berkaitan dengan bidang
pekerjaan untuk menemukan sistematika sebuah resensi
|
4.32 Menyajikan isi sebuah resensi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa
teks resensi
|
6
|
3.33
Menganalisis
kebahasaan resensi dalam kumpulan
cerpen atau novel setidaknya
dua karya yang berbeda
|
4.33 Mengkonstruksi sebuah resensi dari
buku kumpulan cerita pendek atau novel
yang sudah dibaca
|
6
|
3.34
Menganalisis alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton
|
4.34 Mempertunjukkan salah satu tokoh
dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan
|
6
|
3.35
Menganalisis
isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
|
4.35 Mendemonstrasikan sebuah naskah
drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan
|
6
|
3.36
Menganalisis
pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca
|
4.36
Menyusun
ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi
kekinian
|
6
|
3.37
Mendeskripsikan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
|
4.37
Menyajikan
simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan
maupun tulis
|
6
|
3.38
Menganalisis unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
|
4.38
Menyusun
surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
|
6
|
3.39
Menganalisis informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling
berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
4.39
Mengonstruksi
nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
|
8
|
3.40
Menganalisis
kebahasaan cerita atau novel sejarah
|
4.40
Menulis
cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan
|
8
|
3.41
Mendeskripsikan informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu
isu) dalam teks editorial berkaitan
dengan bidang pekerjaan
|
4.41
Menyeleksi
ragam informasi sebagai bahan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara lisan maupun tulis
|
6
|
3.42
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.42
Merancang
teks editorial berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
baik secara lisan maupun tulis
|
8
|
3.43
Menilai
isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku
pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
4.43
Menyusun
laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis
|
8
|
3.44
Menganalisis
isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan
|
4.44
Mengonstruksi
makna dan tujuan isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan
|
6
|
3.45
Menganalisis
struktur dan ciri kebahasaan
teks iklan sesuai bidang pekerjaan
|
4.45
Menyusun teks iklan sesuai bidang pekerjaan dengan
memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
8
|
3.46
Mengevaluasi
informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
|
4.46
Menyusun
opini dalam bentuk artikel berkaitan
dengan bidang pekerjaan
|
8
|
3.47
Menganalisis
kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.47
Mengonstruksi
sebuah artikel berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
|
8
|
3.48
Mendeskripsikan isi dan sistematika surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.48
Menyajikan
simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara lisan maupun tulis
|
6
|
3.49
Menganalisis unsur kebahasaan surat dinas yang sesuai bidang pekerjaan
|
4.49 Menyusun surat dinas yang berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan
isi, sistematika dan kebahasaan
|
8
|
3.50
Menganalisis nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan
satu buku drama (fiksi)
|
4.50
Menulis
refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan
(nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
|
8
|
Jumlah
|
354
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar